September 08, 2010

Inovasi Teknologi dan Surat Al-Alaq



Melihat fenomena kirim-mengirim ucapan Selamat Hari Idul Fitri tahun ini melalui media jaringan sosial seperti facebook semakin menyadarkan kita akan cepat dan masifnya dinamika inovasi teknologi saat ini. Kita jadi punya banyak pilihan dan semakin mempermudah urusan.

Namun demikian, inovasi teknologi juga membawa konsekwensi negatif yang bersifat multidimensional. Layanan pesan singkat (sms) melalui seluler dulu berhasil menggeser dominasi kartu-kartu ucapan seperti ucapan Selamat Lebaran dan sebagainya, hingga bahkan mampu menggilas keberadaan bisnis wartel. Sekarang, para operator seluler agaknya harus merelakan menurunnya pendapatan mereka dari pulsa-pulsa sms layanan mereka karena keberadaan jaringan sosial dunia maya.

Begitu juga di bidang penerbitan yang nantinya bukan tidak mungkin menjadi arus media utama dengan semakin maraknya keberadaan portal-portal virtual. Teknologi jugalah yang telah menggilas keberadaan toko-toko kaset/CD. Demikian juga dengan keberadaan toko-toko online yang sedikit banyak telah berimbas pada toko-toko konvensional karena sebagian orang malas bepergian akibat kemacetan, dan sebagainya. Dan bukan sesuatu yang mustahil pula nantinya, keberadaan kantor-kantor konvensional akan mengalami pergeseran.

Fenomena di atas semakin membuat kita sadar akan pentingnya inovasi dan kreativitas bila kita tidak ingin dilibas zaman. Fenomena di atas harusnya dilihat sebagai terciptanya berbagai peluang. Di sinilah peran visi dan kemampuan "membaca" (Iqra') kita perlukan. Ini jugalah yang membuat kita sadar bahwa perintah Allah SWT kepada Rasul-Nya Baginda Rasulullah melalui surat pertama yang diturunkan-Nya yaitu Surat Al-Alaq benar adanya. Apa pun fenomena yang terjadi berupa rencana dan ciptaan-Nya tidak ada yang sia-sia dan semakin menyadarkan kita bahwa Allah itu memang ada.

No comments:

Post a Comment