January 03, 2011

Salman Khan, Guru Matematika Luar Biasa yang Menjangkau Murid-muridnya lewat Youtube



Banyak siswa sekolah Amerika yang mengalami masalah dengan pelajaran Matematika. Berbagai penelitian menunjukkan mereka tertinggal dalam bidang studi ini dibandingkan dengan rekan-rekan mereka di Asia dan di Eropa. Salman Khan, 31, mulai menyadari ini ketika lima tahun lalu, ia membantu mengajari sepupu kecilnya belajar Matematika, mengkonversi kilogram menjadi gram. Berkat bantuannya, sepupunya menjadi pandai dalam pelajaran yang kerap jadi momok itu.


Khan lantas punya gagasan untuk memberi pelajaran Matematika lewat internet. Dan, tahun lalu, ia memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai analis hede fund, dan memusatkan perhatiannya pada pengajaran Matematika gratis lewat Youtube. Ia memposting 1200 pelajaran Matematika di Youtube yang dapat dilihat dan diikuti secara bebas dan seksama di berbagai belahan dunia. Bentuk pelajaran yang disajikan itu tak ubahnya seperti pelajaran di dalam kelas yang biasa. Khan menjelaskannya lewat suatu papan tulis elektronik dan pemirsa dapat mengikutinya, bahkan dapat memutar-ulang. (Untuk melihat contoh-contohnya klik di sini. Pelajaran-pelajaran yang ia sajikan ini disediakan di bawah bendera Khan Academy yang ia dirikan. (Klik di sini)


Khan tinggal di Lembah Silikon, California bersama istrinya, seorang rheumatologist pada lembaga training di Stanford dan bayi mereka. Inisiatifnya ini, diharapkan dapat merevoulsi sistem pendidikan, terutama lewat jangkauannya yang luas hingga ke lokasi-lokasi terpencil di berbagai belahan dunia.

Sumber:

Kafe Etos 03/01/2011
@Institut Darma Mahardika
http://www.pbs.org/newshour/bb/north_america/jan-june10/khan_02-22.html

No comments:

Post a Comment