January 16, 2010

Air Putih dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh Kita


Jangan remehkan khasiat air putih bagi kesehatan tubuh. Terutama di saat musim kemarau seperti ini. Tubuh memerlukan air yang cukup agar dapat mengatur suhu dan mengangkut bahan-bahan makanan ke seluruh organ tubuh. Sekitar 60% hingga 70% tubuh manusia terdiri dari air yang terdapat di dalam darah, otot, paru-paru dan otak. Air juga mengangkut oksigen ke seluruh sel, melakukan proses pembuangan dan melindungi seluruh organ dan persendian.

Seseorang paling tidak harus minum air putih sebanyak 2 liter sehari. Namun bagi orang yang gemar merokok, minum kopi dan alkohol, maka sangat disarankan agar dapat mengkonsumsi air minum lebih dari 2 liter sehari. Tubuh akan menyedot air dari komponen tubuh sendiri. Dimulai dari komponen yang paling dekat, yaitu darah. Air berfungsi untuk memperlancar aliran darah sehingga tidak terjadi pembekuan darah. Bila hal ini terjadi, maka ginjal tidak akan dapat bekerja secara optimal untuk menyaring racun dari darah, terutama darah yang kental. Tak jarang darah kental ini akan menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal yang ditandai dengan air seni yang berwarna kemerahan. Darah yang mengental akan mengalami kesulitan menuju otak. Sel-sel otak adalah organ yang paling banyak mengkonsumsi makanan dan oksigen. Jadi, terhalangnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Bila Tubuh Mengalami Kekurangan Cairan

Manusia mengeluarkan air melalui urin, nafas dan keringat. Seseorang sebaiknya perlu merasa waspada bila gangguan nyeri kronis otot persendian, nyeri punggung, sakit kepala, dan sembelit datang menyerang. Bila gangguan-gangguan tersebut terjadi pada seseorang, maka seseorang itu sedang mengalami gejala dehidrasi ringan. Pada kondisi ini, urin akan sangat bau dan berwarna kuning. Sementara itu, bila seseorang sering merasa kehausan, maka itu merupakan suatu indikasi adanya dehidrasi tingkatan sedang.

Kiat Agar Senantiasa Minum Air Putih

Barangkali akan terasa sulit untuk minum air di hari Anda yang sibuk. Maka itu, sebaiknya Anda membawa air putih di dalam tempat minum yang dapat Anda bawa kemana-mana seperti ke tempat Anda bekerja, saat Anda berolah raga, atau saat Anda sedang dalam perjalanan. Tidak ada salahnya juga bila Anda menambahkan dengan sedikit lemon agar ada sedikit rasa. Sekarang ini memang kita bisa memperoleh minuman kemasan air flavored dengan mudah karena telah banyak dijual bebas. Namun, sebaiknya kita menghindari minuman-minuman tersebut karena kalori yang dikandungnya cukup tinggi. Air putih jauh lebih berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Sumber:
Meizar@shvoong.com, Shereen Jegtvig, About.com

No comments:

Post a Comment