January 16, 2010

Khasiat Minum Teh


Untuk sebagian kalangan di tanah air, minum teh sudah menjadi tradisi. Ia bisa menjadi ajang kumpul-kumpul antar teman seperti halnya rujakan yang banyak dimanfaatkan sebagai wadah sosialisasi. Di Inggris, umumnya masyarakat di sana gemar minum teh saat sore hari. Teh dijadikan sebagai teman saat membaca koran atau saat menonton acara televisi setelah jam kerja. Demikian juga di Jepang. Di negara Sakura ini justru mempunyai teh khas mereka yang dikenal dengan sake. Demikian juga dengan Tiongkok.Menurut sejarahnya, masyarakat Tiongkok telah ribuan tahun menggemari minuman yang mengandung kafein dan dibuat melalui penyeduhan daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman semak Camellia Sinensis dengan air panas ini.

Beberapa studi tentang teh menyimpulkan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh yaitu sebagai berikut:

1. Menurunkan Resiko Kematian Akibat Penyakit Jantung Koroner dan Stroke Seperti yang kita semua telah mengetahuinya,
2. Menurunkan resiko penyakit jantung koroner dan stroke adalah jenis penyakit yang mematikan.

Kedua penyakit di atas bisa menyerang seorang penderita secara insidentil.Bila seseorang terbiasa minum teh, maka ia dapat mengurangi resiko terhadap serangan-serangan insidentil kedua penyakit tersebut.

3. Mencegah kerapuhan tulang seperti yang diuraikan dalam sebuah artikel, "Archieve of Internal Medicine", teh mengandung florida dan senyawa kimua yang dikenal sebagai flavonoid untuk menguatkan tulang. Maka secara otomatis, orang-orang yang punya kebiasaan minum teh terutama teh hijau yang mengandung kalsium pembangun tulang, mempunyai densitas tulang yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.

4. Minum teh juga dapat menyegarkan tubuh karena adanya sejenis kafein yang dikandungnya, tetap berbeda dengan muatan kafein pada kopi yang dapat merangsang sistim saraf tubuh. Rangsangan itu membuat pasokan oksigen ke dalam tubuh menjadi lebih lancar.

5. Minum teh juga dapat menjaga kesehatan hati seperti yang diteliti oleh The North American Tea Trade Health Research Association, teh sangat baik untuk kesehatan hati. Teh dapat membuat kerja arteri orang yang mengidap penyakit hati menjadi lebih baik. Penelitian ini juga didukung penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya yang menyebutkan, orang yang biasa minum teh mempunyai risiko lebih rendah terserang penyakit hati.

6. Menangkal kolesterol karena adanya zat catechin yang terdapat dalam teh dipercaya dapat mengurangi penimbunan kolestrol dalam darah dan mempercepat pembuangannya melalui tinja.

7. Mencegah kanker, zat flavonoid dalam teh juga berperan sebagai penangkal radikal bebas yang dapat mengacaukan keseimbangan tubuh. Jangan main-main dengan gangguan ini, karena gangguan keseimbangan bisa memicu kanker. Zat-zat lain seperti Polifenol dan Theofolon yang terdapat pada daun teh dapat menghambat perkembangan virus yang mengakibatkan kanker.

Sumber : Kaskus.com Mang Jaya Blog Lintas Berita.com

No comments:

Post a Comment