January 16, 2010

Aroma Terapi dan Khasiatnya


Aroma terapi ialah istilah generik salah satu jenis pengobatan alternatif yang telah dikenal sejak 6000 tahun yang lalu. Aroma terapi berasal dari peradaban Mesir kuno. Bangsa Mesir kuno tersebut merendam tumbuhan beraroma tumbuhan harum untuk mengambil minyaknya. Nama aroma terapi dipopulerkan oleh Rene-Maurice Gattefosse pada dekade 1920-an. Terapi ini memanfaatkan bahan cairan dan senyawa aromatic tumbuhan yang mudah menguap, dikenal sebagai minyak esensial. Aroma terapi bertujuan mempengaruhi suasana hati atau kesehatan seseorang dan acap digabungkan dengan praktek pengobatan alternatif dan kepercayaan kebatinan.

Di masa sekarang, banyak orang yang melirik kembali aroma terapi. Meskipun tidak bisa menggantikan obat tradisional, aroma terapi memiliki khasiat menyembuhkan pikiran, badan dan semangat. Selain itu, aroma terapi dapat meningkatkan diketahui dapat mengurangi tekanan jiwa, frustrasi, kesedihan,histeria, kegelisahan, kesulitan tidur dan bahkan ingatan yang lemah. Manfaat medisnya meliputi mengurangi kelelahan, masalah pernapasan yang termasuk pilek, influenza, sakit kerongkongan, sakit asma dan bronkhitis. Yang lebih penting lagi, aroma terapi memurnikan udara, meningkatkan mutu udara. Bahkan ada yang dipercaya dapat membersihkan racun dalam tubuh.

Untuk menghasilkan wewangian yang bermanfaat dari aroma terapi tidaklah sulit. Kini banyak toko yang menjual berbagai macam minyak esensial, lilin untuk membakar dan cawan. Kemudian Anda bisa menententukan aroma apa yang cocok dengan suasana hati dan kondisi tubuh Anda. Nah, bagaimana? Anda tertarik mencobanya?

Sumber: Wikipedia, dianaprahastini@blogspot.com, anekatips@blogspot.com

No comments:

Post a Comment