January 22, 2010

Trik Agar Senantiasa Fokus


Apakah Anda adalah tipikal orang yang selalu menunda-nunda pekerjaan Anda? Kita semua pasti sepakat mengatakan bahwa menunda-nunda pekerjaan itu tidak baik karena kita akan selalu merasa bahwa pekerjaan kita tidak selesai-selesai dan akan menjadi beban bagi kita. Padahal, mungkin beberapa tambahan pekerjaan lainnya akan menghampiri kita sehingga kita akan dibuat linglung olehnya. Kita pasti akan susah untuk merasa rileks.

Tahukah Anda bahwa menunda-nunda pekerjaan itu dapat membuat seseorang merasa jenuh dan membuatnya menjadi orang yang tidak fokus? Kalau sudah begitu, tentu akan sangat mengganggu produktifitas dan kesehatan orang tersebut. Sebenarnya habitus buruk seperti itu bisa dihilangkan, jika kita memiliki sikap fokus pada tujuan. Kalau kita ingin menjadi seorang pengusaha sukses, kita harus benar-benar fokus dengan tujuan itu. Maka, dengan sendirinya kita membangun habitus menuju ke sasaran dan pasti akan mendapatkan keinginan itu. Kita menjadi orang yang self-oriented.

Memelihara habitus fokus dengan tujuan-tujuan kita akan mencegah kita menjadi orang yang setengah-setengah. Orang lain di sekitar kita akan dapat melihat itu. Seperti menurut pendapat Bill Gates, “Only through focus can you do world-class things, no matter how capable you are”. Bayangkan, bila Anda adalah seorang pemasar, Anda tidak yakin betul dengan produk Anda, maka hal itu akan mempengaruhi cara Anda memasarkan produk Anda tersebut kepada calon atau klien Anda. Kesan itu akan dapat ditangkap oleh mereka. Ujung-ujungnya, Anda akan mengalami kegagalan menjual. Apa pun yang Anda inginkan dalam hidup Anda, hal utama yang harus Anda lakukan adalah senantiasa fokus dengan keinginan itu.

Untuk itu, ada baiknya Anda membuat daftar keinginan-keinginan Anda. Tuliskan juga kapan seharusnya keinginan-keinginan itu dapat Anda wujudkan. Jangan lupakan juga untuk selalu mengevaluasinya. Dengan adanya evaluasi maka Anda akan dapat menarik kesimpulan dan mengupayakan berbagai solusi bila Anda menemukan sesuatu yang berjalan tidak dengan semestinya.

Sumber:

Bill Gates (Fortune, July 8, 2002)
Nukman Luthfie@TDA Community

No comments:

Post a Comment