January 22, 2010

Hidup Tenang Tanpa Kartu Kredit


"Segala produksi ada disini...seolah kita harus memiliki...hari-hari kita diisi hasutan..hingga kita tak tahu diri sendiri...." (Iwan Fals-Mimpi yang Terbeli / Album 1910---1987)


Di tengah kepungan konsumerisme saat ini dimana seolah-olah berlaku jargon: "we are what we have" yang menemukan eksistensinya dengan kemudahan untuk berhutang. Berbagai bank seakan berlomba-lomba menawarkan kartu kredit dan kredit tanpa agunan melalui para pramuniaganya yang sering kita jumpai di pusat-pusat perbelanjaan. Dengan iming-iming berbagai kemudahan, fasilitas dan hadiah yang tentunya sangat menggoda kita.

Menggunakan kartu kredit mungkin bagi sebagian besar orang sudah termasuk bagian dari gaya hidupnya. Fungsi kartu kredit sebenarnya tidak lebih sebagai alat tukar belaka sebagaimana uang. Bedanya, dengan kartu kredit kita tidak perlu membayar secara tunai terlebih dahulu karena ditalangi oleh bank penerbit kartu kredit yang kita gunakan.

Sebagian orang menggunakan kartu kredit sebagai sarana antisipasi atau berjaga-jaga kalau sewaktu-waktu diperlukan, seperti saat harus banyak memerlukan biaya karena perawatan rumah sakit dan berbagai keperluan mendesak lainnya. Itu kalau yang bersangkutan bijak menggunakannya.

Hanya saja, sebagian orang ada yang kebablasan karena tergoda dengan segala fasilitas beserta kemudahannya yang ujung-ujungnya membebani mereka untuk membayar dan menjerat mereka dengan hutang yang berbunga-bunga. Itulah yang pernah saya alami sekitar dua tahun lalu sebelum saya berhasil menutupinya. Walaupun saya tidak pernah alfa membayar, minimal minimum payment yang sebesar 10% itu, hal tersebut tetap saja membuat beberapa rencana saya jadi tertunda dan membuat saya "mpot-mpotan". Sekarang biar seperti apapun godaannya, saya berusaha tak tergoda lagi...KAPOK atuh...!!!

Nah, bila Anda ingin menggunakan kartu kredit, ada baiknya terlebih dahulu untuk meyakinkan diri agar tidak kebablasan seperti saya saat itu. Pastikan Anda akan selalu membayar penuh kartu kredit sebelum tanggal pencetakan tagihan kartu kredit setiap bulan dan tidak gampang tergoda dengan berbagai penawaran kemudahan yang ditawarkannya. Dengan cara ini berarti Anda termasuk tipe pelanggan yang cerdik dan hanya menggunakan kartu kredit sebagai cara yang nyaman untuk mengendalikan pengeluaran dan berbelanja tanpa menggunakan uang tunai atau cek. Disini Anda memanfaatkan jeda waktu bebas bunga yakni antara tanggal belanja dengan waktu sebelum tagihan kartu kredit dicetak.

Pada saat jeda waktu tersebut maka bunga kartu kredit belum dihitung dan bila kita membayar lunas sebelum tagihan kartu kredit dicetak maka kita tidak dikenakan bunga sama sekali. Dengan bersikap seperti ini maka Anda akan mendapatkan manfaat yang sangat tinggi dari kartu kredit. Selain itu, Anda juga dapat menikmati discount hasil dari membelanjakan kartu serta mendapatkan poin untuk kemungkinan mendapat hadiah. Namun saat ini beberapa kartu kredit telah mengenakan bunga sejak tanggal transaksi. Maka telitilah dan tanyakan kepada customer service kartu kredit tersebut bagaimana mereka mengenakan bunga.

Pilihlah kartu kredit yang mempunyai jeda waktu bebas bunga. Bagi Anda yang telah terlanjur menggunakan kartu kredit namun tidak ingin terjerat hutang yang sepertinya tidak selesai-selesai dan masuk dalam pusaran setan (vicious circle), maka sebaiknya Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:

1. Manfaatkan program transfer balance berbunga rendah dari beberapa bank penyelenggara kartu kredit.
Saat ini beberapa bank menawarkan kemudahan pelunasan tagihan kartu kredit kita dengan cara memindahkan saldo tagihan kartu kredit kita kepada kartu kredit terbitan bank atau lembaga keuangan yang menawarkan fasilitas tersebut. Yang menarik, program transfer balance tersebut menawarkan bunga yang jauh lebih rendah bahkan bebas bunga selama periode tertentu. Program transfer balance banyak ditawarkan dengan jangka waktu tertentu misalkan 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun. Jadi sesuaikan kemampuan keuangan kita dan pilihlah yang paling cocok dengan jangka waktu tersebut. Apabila ini dilakukan, maka beban keuangan kita akan menurun, bahkan mungkin kita dapat memiliki nafas lebih banyak untuk segera dapat melunasi seluruh tagihan.

2. Manfaatkan tawaran pinjaman pribadi tanpa agunan (multiguna) dari beberapa bank.
Saat ini beberapa bank juga menawarkan pinjaman pribadi tanpa agunan dengan cicilan tetap per bulan. Cobalah analisis kemampuan bayar kita per bulan. Ambillah cicilan per bulan yang dapat ditanggung kita. Lunasilah seluruh tagihan kartu kredit kita dengan pinjaman tersebut. Bila ini dilakukan niscaya akan terasa bahwa secara pengeluaran per bulan akan lebih meringankan beban keuangan kita. Kedua program tersebut dapat menjadi alternatif yang cukup baik untuk menyelesaikan kewajiban kita untuk melunasi kartu kredit. Namun biasanya para analis kartu kredit program transfer balance dan pinjaman tanpa agunan akan melihat track record pembayaran kartu kredit kita dan pembayaran kredit lainnya di bank lain jika ada. Jika analis tersebut melihat sejarah kartu kredit kita cukup baik, dalam arti minimal selalu membayar jumlah minimum pembayaran secara tepat waktu maka biasanya mereka akan menyetujui permohonan kita.

Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi seorang pelanggan kartu kredit, sebaiknya Anda perlu menimbang hal-hal berikut ini:
1. Seleksi bank penerbit kartu kredit yang kredibel dan kemudahan yang didapat dari kartu kredit.
2. Seleksi jenis kartu kredit, apakah jenis silver, gold, atau platinum.
3. Cara pandang Anda terhadap kartu kredit itu sendiri.
Kita tentu tidak ingin menjadi warga negara yang merepotkan negara kita. Saat ini saja telah terdapat potential loss yang harus ditanggung Bank Indonesia dari penggunaan kartu kredit para deposan yang jumlahnya telah lebih dari 1 triyun rupiah. Suatu angka yang fantastik, bukan?

Jangan malu untuk hidup apa adanya asalkan kita dapat hidup tenang dan tidak terjerat hutang. Seandainya keadaan harus membuat Anda berhutang, lebih baik meminjamlah dengan kerabat atau teman-teman dekat yang tentunya Anda harus mengembalikan pinjaman yang diberikan sesuai dengan janji Anda. Ingat bahwa: "We are what we say". Barangkali kita perlu bercermin dengan gaya hidup salah satu tokoh panutan kita, Muhammad Hatta, yang untuk membeli sepasang sepatu pun terpaksa harus menabung terlebih dahulu. Sayang, sang Illahi memanggil beliau saat sepatu yang diidamkan belum sempat terbeli karena uang yang ditabung belum cukup. Namun, satu teladan telah beliau ajarkan pada kita yaitu untuk hidup sederhana dan jujur. Jadilah insan MERDEKA tanpa terjerat hutang...Semoga bermanfaat.(nfr)

Diolah dari berbagai sumber

8 comments:

  1. Are you need an urgent loan? Do you need any kind of loan to start up a business? Do you need a loan to buy a house or a car? Or do you need a loan to pay your bills or to take care of your self? If yes email us today at mauricefinance@hotmail.com and get your loan..

    Email: mauricefinance@hotmail.com
    Regards

    ReplyDelete
  2. PRESTATARIOS INTERESADAS == servicios de préstamo

    Especialistas de buena reputación , legítimo y acreditado prestamista de dinero y de préstamos que
    ayudar sebuah detener el mal de Crédito historial , de Crédito y de tipo de interes del 3 % sólo para
    individuos y cooperar ORGANISMOS y empresas que necesitan Financiera
    Asistencia en cualquier el mundo .

    Ofrecemos préstamos a intereses individuales o corporativos con un interes bajo
    tasa del 3 % de Garantía ( ID , la seguridad sosial , 100 % garantizado ) .
    Nuestro consejo profesional no es vinculante .

    Nuestra tasa de interes de servicio de préstamo es de 3 %

    refinanciar
    préstamos con inversionistas
    Préstamos de Auto
    consolidación de la deuda
    Préstamos Comerciales
    préstamos personales

    Al igual que para escribir de nuevo si Usted está interesado , rellene este formulario para que podamos
    iniciar el procesamiento de préstamos

    Prestatarios y la implementación de la declaración completa

    Los nombres de los solicitantes : ____________________
    El monto del préstamo solicitado : __________________
    Duración del préstamo : _________________
    Proposito del préstamo : _______________________
    Dirección del solicitante : _________________
    Ocupación : __________________________
    Ciudad : ___________________________
    Estado : __________________________
    País : __________________________
    Genero : _____________________
    EDAD : ________________________
    Móvil : ___________________________________

    Esperamos una buena relación entre Usted y el servicio de préstamo moses peter .

    moses peter firma Financiera de préstamos Inc
    Contacto : E -mail : accessloanfirm89@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Your commentHalo, apakah Anda membutuhkan atau Anda kehabisan dana, atau Anda perlu untuk membiayai bisnis Anda dan mengurus keluarga Anda? Kami di sini untuk membantu Anda dengan segala jenis pinjaman. Mohon email mauricefinance@hotmail.com hari ini dan mendapatkan pinjaman Anda pada tingkat bunga 2%.
    EMAIL: mauricefinance@hotmail.com
    Salam,
    Sir, Maurice

    ReplyDelete
  4. Hola espectadores soy la señora Pamela Davis soy de EE.UU. Dallas quiero agradecer al Sr. Mohammed Aliu por lo que hizo en mi vida me había encallado y nunca sabe qué hacer, porque yo estaba buscando un mínimo de 12.000 USD para pagar mi alquiler am una madre de uno que dejan en un alquiler y no sabe cómo conseguir dinero para saldar todas mis deudas y pagar mi renta que llegó a un punto que yo estaba casi conduciendo lejos de mi casa porque no podía pagar el alquiler que tenía que ruego y él me permitió quedé porque perdí a mi marido Di la vuelta en busca de trabajo en otros para pagar mi cuota, pero no fue tan fácil, hasta que un día, cuando yo estaba buscando a través de Internet vi diferentes testimonios de personas sobre cómo esta buena compañía tiene ayudaron a obtener préstamos que estaba muy interesado porque necesitaba el préstamo para mí no estar conduciendo lejos de mi casa, tuve que aplicar y se remitirán todos los detalles de la compañía en no menos de 2 horas de tiempo recibí un mail de él que el dinero ha sido transferido a mi cuenta y de pronto recibí una alerta también del banco en relación con el préstamo que estaba tan feliz por lo que a todos los que necesitan préstamo don molestó en mirar para otra empresa acaba de ponerse en contacto con esta empresa y obtener el préstamo que usted necesita; mohammedaliuloanfirm@outlook.com y ayudarme también en compartir sus buenas obras.

    ReplyDelete
  5. Hati-hati di sini. Tidak ada yang bisa membantu Anda di sini atau bahkan menyarankan bagaimana Anda bisa mendapatkan bantuan keuangan. sebagian besar jawaban dari pemberi pinjaman kredit di sini, Anda harus mengabaikan, karena mereka adalah penipuan ... penipuan yang nyata ... saya adalah korban dari yang saya robek ribuan dolar ... baik terima kasih Tuhan untuk adik Kristen yang disebut saya organisasi pinjaman yang dibentuk oleh beberapa Christian Women Trust Fund. itu disebut wanita Kristen Loan-dana Organisasi Koperasi (C.W.T.C.O) christianwomenloanfunds@cash4u.com dan christianwomenloanfunds@gmail.com Mereka membuat hidup saya yang berharga dan memberikannya makna. Ketika kakak memberiku kontak mereka, saya menghubungi mereka. Kemudian saya diminta untuk pinjaman dengan semua bukti yang diperlukan untuk membuktikan bahwa saya benar-benar diperlukan pinjaman, mereka menyetujui pinjaman sebesar $ 250,000.00 USD dalam 48 jam setelah bertemu dengan kebutuhan yang diperlukan mereka, pinjaman saya disimpan di rekening bank saya tanpa agunan. Meskipun saya sangat gugup dengan organisasi pinjaman pada awalnya karena pengalaman buruk saya sebelumnya, terutama ketika masalah saya menetap biaya Pendaftaran datang, saya berpegang pada keyakinan saya karena fakta bahwa saya relatif merujuk, mendapatkannya dibersihkan , dan sebagai harus memiliki Allah itu, sedikit yang saya tahu bahwa kekurangan keuangan saya telah datang ke sebuah akhir akhir. Jika tidak untuk itu rujukan cepat dari adik christian sumber asli ini, saya akan menyesal Total hidup saya, karena pada titik waktu saya hanya bercerai ayah dari anak saya, dan anak saya (Kenneth) dihadapkan dengan kehidupan dan situasi kematian. Saya dihadapkan dengan tagihan rumah sakit dan saya juga dihadapkan dengan penyitaan di apartemen saya. Rincian dari organisasi ini ALLAH-DIKIRIM tidak akan mengungkapkan untuk saat ini karena takut peniruan (karena telah menemukan bahwa beberapa orang tidak benar-benar membutuhkan bantuan keuangan, tetapi mereka hanya ingin mengumpulkan uang dari organisasi pinjaman christian asli ini) . Dan itu karena alasan ini mereka don, t memberikan pinjaman bagaimanapun. Anda harus mampu meyakinkan mereka sangat baik, dan memberikan bukti-bukti yang baik untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar membutuhkan pinjaman sebelum mereka dapat menyetujui untuk Anda. biaya mereka sangat terjangkau dan dapat diandalkan dibandingkan dengan banyak di luar sana, suku bunga mereka hanya 4%, dari 1-10years pembayaran dokumentasi sedikit, dan sedikit pemeriksaan kredit. Seperti yang saya telah sebelumnya mengatakan, untuk alasan keamanan saya hanya dapat memberikan alamat email mereka. Merangkul inisiatif baru ini. Jangan ragu untuk menghubungi mereka melalui Email sebagai petugas pinjaman mereka / rep Pak Perry smith akan hadir untuk Anda dan Anda akan bebas dari penipuan dan beban keuangan.
    Kontak Email ... christianwomenloanfunds@cash4u.com dan christianwomenloanfunds@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Kabar baik, kabar baik
    Hey hati-hati di sini !!!
    Nama saya Jelli Mira warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberikan pinjaman, saya kehilangan saya uang keras peroleh. Suatu hari, saat browsing melalui internet tak berdaya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama Widya Okta, yang juga scammed oleh pemberi pinjaman kredit palsu, tapi akhirnya mendapat terkait dengan perusahaan pinjaman legit bernama SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM di mana ia akhirnya mendapat pinjaman nya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian mengatakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya memberi saya pinjaman di perusahaan dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Aku mengisi formulir aplikasi kredit dan melanjutkan dengan segala sesuatu yang diminta dari saya dan kepada Allah kemuliaan saya mendapat pinjaman dari Rp450,000,000 dari perusahaan ini besar (sandraovialoanfirm@gmail.com), Dikelola oleh Ibu Sandra Ovia, dan di sini saya sangat senang karena SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM telah mengubah hidup saya jadi saya membuat janji kepada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi SANDRA OVIA dan mengikuti aturan dan peraturan, karena saya meyakinkan Anda mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda memerlukan bantuan tentang bagaimana saya mendapat pinjaman (jellimira750@gmail.com).

    ReplyDelete
  7. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  8. LOANS, BG/SBLC FOR LEASE AND PURCHASE

    We are exclusive agent to direct providers of Fresh Cut BG, SBLC, MTN Bonds, Bank draft and Loans which we have specifically for lease. We do not have any broker chain in this offer or get involved in Chauffer driven offers. We deliver with time and precision as set forth in the agreement. You are at liberty to engage our leased facilities into trade programs as well as in signature project(s) such as Aviation, Agriculture, Petroleum, Telecommunication, construction of Dams, Bridges and any other turnkey project(s) etc.

    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS:
    1. Instrument: Bank Guarantee (BG/SBLC) (Appendix A)
    2. Total Face Value: Eur 5M MIN and Eur 10B MAX (Ten Billion USD) .
    3. Issuing Bank: HSBC Bank London, Credit Suisse and Deutsche Bank Frankfurt.
    4. Age: One Year, One Month
    5. Leasing Price: 3% of Face Value plus 2% commission fees to brokers.
    6. Delivery: Bank to Bank swift.
    7. Payment: MT-103 or MT760
    8. Hard Copy: Bonded Courier within 7 banking days.

    The Leased Instruments includes: BG’ s, Insurance Guarantees, MTN, ( SBLC) Standby Letters of Credit and Third Party Guarantees such as a standby forward commitment to purchase or a standby loan. If you are a potential Investor or Principle looking to raise capital, we will be happy to answer any questions that you have about this opportunity and to provide you with all the details regarding this services.

    Our BG/ SBLC Financing can help you get your project funded, loan financing, please let me know if you are interested in any of our services, by providing you with yearly renewable leased bank instruments. We work directly with issuing bank lease providers, this Instrument can be monetized on your behalf for 100% funding.


    BROKERS ARE WELCOME & 100% PROTECTED!!!

    We are ready to close leasing with any interested client in few banking days, if interested do not hesitate to contact me direct.


    Regards

    Philip James
    Email: james.francis1971@bk.ru
    info.frjames1971@gmail.com
    Skype: info.frjames1971@gmail.com


    ReplyDelete